Langsung ke konten utama

Hubungan Manusia dan Kebudayaan Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD) BAB 1


  • manusia adalah tokoh atau pemeran dalam kegiatan apapun dalam kehidupan sehari - hari.
  • nah kalo kebudayan itu sendiri bisa diartikan sebagai adat, kebiasaan, atau bahkan ciri khas dari suatu apapun. tapi kalo menurut Dr. Moh Hatta, kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.
 hubungan manusia dengan kebudayaan yaitu :
 
rumai honai (papua)


rumah joglo (jateng)
  1.  Unsur Peralatan dan perlengkapan hidup manusia sehari - hari
    manusia dan kebudayaan ditinjau dari unsur tersebut seperti contoh kita ambil yaitu "sebuah bangunan tempat tinggal". Sebuah bangunan di suatu daerah A dengan bangunan di suatu daerah B pasti dari unsur arsitektural nya memiliki perbedaan. Entah dari ukirannya, atau bahkan dari bentuk fasad. Rumah adat jawa tengah yaitu "joglo" berbeda bentuk dengan rumah adat papua "Honai". Perbedaan itulah akibat adanya variasi dalam pikiran manusia dalam daerah tertentu untuk membuat tempat tinggal sesuai keinginan dan juga kebutuhan masing - masing individu tersebut.
  2. Unsur Pencaharian dan Sistem Ekonomi
    seperti contoh manusia yang tinggal di daerah dataran rendah bekerja sebagai petani. Begitu pula dengan masyarakat sekitar pantai mereka kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan. Berawal mula dari orang tua bahkan nenek kakek mereka yang bermata pencaharian itu namun sampai saat ini di sekitaran dataran rendah ataupun pantai masih bisa atau sering kita jumpai masyarakat dengan mata pencaharian petani ataupun nelayan. Itu juga dapat disebut sebagai hubungan manusia dan kebudayaan. Kebudayaan profesi masyarakat sekitar pantai adalah nelayan.
  3. Unsur Bahasa
    Seperti contoh bahasa yang digunakan oleh masyarakat daerah Sumatera akan berbeda dengan masyarakat daerah Jawa. Karena perbedaan tempat dapat mempengaruhi bahasa sehari - hari.
  4. Unsur Kesenian
    Contoh hubungan manusia dan kebudayaan dalam hal kesenian kita dapat ambil contoh dari seni tari. Jika kebudayaan tari bali lebih terlihat ciri khas pada bagian mata yang bergerak tegas dan cepat. Namun jika melihat kebudayaan Jawa dari unsur tariannya kita akan melihat bahwa dalam tari jawa lebih ke gerakan yang lengok - lengok tubuh dengan seblakan selendang para penarinya.
  5. Unsur Religi
    Dalam tiap daerah pun terdapat perbedaan agama seperti contoh daerah Bali terkenal dengan budaya agama nya yaitu Agama Hindu yang di anut oleh mayoritas masyarakat sekitar.
Kesimpulannya : Bahwa hanya manusia yang dapat menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya, tidak ada kebudayaan tanpa adanya manusia.




sumber gambar :
https://www.google.com/search?q=rumah+adat+joglo&client=firefox-b-ab&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=yP_n63CUGLFGMM%253A%252CN1i3ig9cjgoAhM%252C_&usg=__uW7mg3O8O6YW4QJjpAJ1ilrmZnA%3D&sa=X&ved=0ahUKEwizwpaMl6bbAhVSbysKHVmMD6wQ9QEINDAF#imgrc=DQUMpKof6wdBuM:

https://www.google.com/search?q=rumah+honai&client=firefox-b-ab&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=nQzDVgRxXrsFkM%253A%252CwIIAnSBm__cejM%252C_&usg=__8ld2nIC3erXnOVXuDA6OKXW405s%3D&sa=X&ved=0ahUKEwjKntX5l6bbAhWFT30KHWX_CmcQ9QEIMDAD#imgrc=nQzDVgRxXrsFkM:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangunan Arsitektur Hemat Energi " Bahrain World Trade Center"

Tentang Bahrain World Trade Center Bahrain World Center atau Bahrain WTC, berlokasi di Al-Manamah, Bahrain, dengan arsitek Shaun Killa Proyek yang dikerjakan bersama oleh Atkin Architects and Engineers dan Norwin. Tinggi dari bangunan ini adalah 240 meter dengan jumlah lantai 50. Bahrain WTC ini mulai dibangun pada 2004 – 2008 dan kini bangunan ini menjadi pusat perdagangan dunia. Bangunan ini memiliki 2 Skycrapers yang dihubungkan dengan 3 jembatan yang berfungsi sebagai pemegang wind turbin. Masing - masing turbin memiliki diameter 29 meter. Wind turbin menggantung di tengah jembatan sepanjang 30 meter. Jembatan ini juga selalu menerima getaran dari wind turbin, maka dari itu kontuksi dari jembatan perlu mendapat perhatian khusus.   Wind Turbin dari bangunan Bahrain WTC Ide Bentuk Bangunan  Bentuk bangunan terinspirasi dari bentukkan layar kapal tradisional, dan memanfaatan energi angin untuk dapat berlayar. Penerapan konsep pada bangunan ini terlihat pada d

Hubungan Manusia dan Penderitaan Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Hubungan Manusia dan Penderitaan pict from https://www.richarddawkins.net/2014/08/is-there-a-scale-of-suffering/ Apa itu Manusia dan Penderitaan? Dalam KBBI manusia diartikan sebagai makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Sedangkan penderitaan dalam KBBI diartikan sebagai keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung. Jadi, dapat kita artikan lebih luas bahwa arti dari manusia dan penderitaan adalah suatu keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung oleh manusia. Manusia sebagai pelaku utama dalam terjadinya kehidupan di dunia ini. Adanya penderitaan pun dapat dikatakan bahwa manusia yang menjadikan hal itu dapat terjadi. Penderitaan terjadi biasanya karena keserakahan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang menjadikan mengambil hak orang lain dan menjadikan salah satu pihak menjadi menderita karena perbuatan buruk tersebut. Hubungan Manusia dan Penderitaan? Hal  - hal yang termasuk dalam penderitaan seperti adanya : Siksaan Suatu siksaan terjadi

Hubungan Manusia dan Sastra Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Apa sih sebenernya hubungan antara manusia dan sastra? pict from http://lagaligopos.com/read/pentingnya-sastra-di-sebuah-bangsa/ Jika kita lihat arti masing - masing kata tersebut. Seperti Manusia yang menurut KBBI adalah Makhluk yang ber akal budi sedangkan sastra adalah bahasa yang dipakai dalam kitab - kitab (bukan bahasa sehari - hari). Lalu apa sih hubungannya? Dalam sastra manusia lah yang berperan penting menjadikan suatu sastra tersebut menjadi menarik atau tidaknya. Dan dalam sastra siapa sih yang banyak dibahas? ya manusia itu sendiri. Seperti contohnya :  Pertunjukan sastra (gabungan seni sastra dan seni pentas) Rata - rata dalam pertunjukan itu menggambarkan kehidupan manusia dengan amanat yang ditujukan khusus untuk manusia guna dapat menjadi manusia lebih baik. Lalu pemeran dalam kegiatan ini adalah manusia itu sendiri. Syair Dalam KBBI syair adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama. Seperti