Langsung ke konten utama

Hubungan Manusia dan Penderitaan Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Hubungan Manusia dan Penderitaan
pict from https://www.richarddawkins.net/2014/08/is-there-a-scale-of-suffering/
Apa itu Manusia dan Penderitaan?
Dalam KBBI manusia diartikan sebagai makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Sedangkan penderitaan dalam KBBI diartikan sebagai keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung. Jadi, dapat kita artikan lebih luas bahwa arti dari manusia dan penderitaan adalah suatu keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung oleh manusia. Manusia sebagai pelaku utama dalam terjadinya kehidupan di dunia ini. Adanya penderitaan pun dapat dikatakan bahwa manusia yang menjadikan hal itu dapat terjadi. Penderitaan terjadi biasanya karena keserakahan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang menjadikan mengambil hak orang lain dan menjadikan salah satu pihak menjadi menderita karena perbuatan buruk tersebut.

Hubungan Manusia dan Penderitaan?

Hal  - hal yang termasuk dalam penderitaan seperti adanya :
  1. Siksaan
    Suatu siksaan terjadi bisa karena balas dendam atau bisa juga karena pemaksaan guna tercapainya sesuatu. Contohnya perampasan hak milih orang lain juga termasuk bentuk penderitaan (begal, jambret, pemerkosaan, dll). Selain siksaan fisik, siksaan juga ada yang bersifat psikis seperti kebimbangan, kesepian dan ketakutan.
  2. Kekalutan Mental
    Penderitaan dalam batin dapat disebut juga sebagai kekalutan mental. Kekalutan Mental terjadi dimana adanya ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi persoalan hidup. Contohnya krisis ekonomi yang berkepanjangan. Bila tidak memiliki sifat yang taat ibadah, ikhlas terhadap hidup yang diberi Allah, dan terus semangat dalam bekera akan menjadikan si korban menjadikan depresi dan dapat berubah dalam perilakunya.
Penyebab Penderitaan?
  1. Penderitaan yang timbul akibat perbuatan buruk manusia
    contohnya seperti yang tadi sudah diberikan yaitu seperti perampasan hak orang lain
  2. Penderitaan yang timbul akibat penyakit
    contohnya seperti orang yang menderita cacat dari lahir tidak bisa berjalan. Walaupun menderita dikarenakan tidak dapat berjalan, namun hal itu bukan alasan untuk menyerah dalam hidup. Karena dalam kenyataannya banyak orang yang dengan keterbatasan seperti itu tapi memiliki prestasi dalam bidangnya.
Kesimpulan
Kesimpulannya adalah penderitaan bisa terjadi karena perbuatan buruk manusia. Maka dari itu antara manusia dan penderitaan tidak dapat dipisahkan. Cara agar dapat berkurangnya penderitaan adalah dengan cara saling menghargai antar manusia dan makhluk hidup lainnya, jangan ada keinginan untuk mengambil atau menguasai apa yang bukan menjadi milik kita. Tetap taat kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangannya juga dapat dikatakan sebagai cara kita menjauhi penderitaan. Karena jika kita taat terhadap sesuatu hal apapun maka keadaan buruk bisa kita hindari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangunan Arsitektur Hemat Energi " Bahrain World Trade Center"

Tentang Bahrain World Trade Center Bahrain World Center atau Bahrain WTC, berlokasi di Al-Manamah, Bahrain, dengan arsitek Shaun Killa Proyek yang dikerjakan bersama oleh Atkin Architects and Engineers dan Norwin. Tinggi dari bangunan ini adalah 240 meter dengan jumlah lantai 50. Bahrain WTC ini mulai dibangun pada 2004 – 2008 dan kini bangunan ini menjadi pusat perdagangan dunia. Bangunan ini memiliki 2 Skycrapers yang dihubungkan dengan 3 jembatan yang berfungsi sebagai pemegang wind turbin. Masing - masing turbin memiliki diameter 29 meter. Wind turbin menggantung di tengah jembatan sepanjang 30 meter. Jembatan ini juga selalu menerima getaran dari wind turbin, maka dari itu kontuksi dari jembatan perlu mendapat perhatian khusus.   Wind Turbin dari bangunan Bahrain WTC Ide Bentuk Bangunan  Bentuk bangunan terinspirasi dari bentukkan layar kapal tradisional, dan memanfaatan energi angin untuk dapat berlayar. Penerapan konsep pada bangunan ini terlihat pada d

Hubungan Manusia dan Sastra Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Apa sih sebenernya hubungan antara manusia dan sastra? pict from http://lagaligopos.com/read/pentingnya-sastra-di-sebuah-bangsa/ Jika kita lihat arti masing - masing kata tersebut. Seperti Manusia yang menurut KBBI adalah Makhluk yang ber akal budi sedangkan sastra adalah bahasa yang dipakai dalam kitab - kitab (bukan bahasa sehari - hari). Lalu apa sih hubungannya? Dalam sastra manusia lah yang berperan penting menjadikan suatu sastra tersebut menjadi menarik atau tidaknya. Dan dalam sastra siapa sih yang banyak dibahas? ya manusia itu sendiri. Seperti contohnya :  Pertunjukan sastra (gabungan seni sastra dan seni pentas) Rata - rata dalam pertunjukan itu menggambarkan kehidupan manusia dengan amanat yang ditujukan khusus untuk manusia guna dapat menjadi manusia lebih baik. Lalu pemeran dalam kegiatan ini adalah manusia itu sendiri. Syair Dalam KBBI syair adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama. Seperti