Langsung ke konten utama

Hubungan Manusia dan Cinta Kasih materi Ilmu Budaya Dasar (IBD) BAB 3

HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DAN CINTA KASIH

pict from rakoscsaba.plebania.hu 



APA ITU MANUSIA DAN CINTA KASIH?

Dalam KBBI arti dari kata manusia yaitu tubuh yang berjiwa. Manusia memiliki kelebihan yaitu mempunyai akal, itulah yang membedakan antara manusia dengan makhluk yang berjiwa lainnya. Sedangkan cinta kasih yang berasal dari kata Cinta yang berarti perasaan yang ada dalam hati seseorang, timbul dengan sendirinya, dan suatu keinginan untuk menyayangi juga memiliki. Lalu kata kasih yang memiliki arti perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut memiliki rasa memiliki dan menyayangi. 
HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DAN CINTA KASIH

Dalam kehidupan sehari - hari banyak kita jumpai hubungan antara manusia dan cinta kasih. Seperti contoh : 
  1.  Dalam diri pribadi
    Hubungan yang pertama yaitu cinta kasih terhadap diri sendiri. Kita sendiri adalah manusia jika kita tidak cinta dan kasih terhadap diri sendiri hal itu akan membuat kita tidak akan menjaga diri, merawat diri, bahkan menjadikan diri kita sendiri lebih baik dari waktu ke waktu. Contoh nya : saat kita tidur ( saat kita tidur, tubuh kita beristirahat total. kita peduli dan sayang terhadap tubuh karena sudah seharian melakukan aktivitas maka dari itu kita melakukan aktivitas tidur supaya tubuh merasa fresh saat bangun di pagi hari dan siap untuk melanjutkan kegiatan di hari esoknya. Selain itu dapat juga dengan cara merawat diri seperti mandi rutin, memakai baju yang bersih dan rapi supaya banyak orang senang dan nyaman disaat berada didekat kita.
  2. Cinta kepada sesama manusia
    contoh dari cinta terhadap manusia seperti kita saling menjaga, membantu bahkan saling memberi semangat kepada kawan kita.
  3. Cinta dari orang tua
    contoh selanjutnya yaitu dari cinta yang diberikan kepada orang tua. Orang tua telah merawat kita dari dalam kandungan bahkan sampai detik ini. Ini merupakan salah satu contoh hubungan antara manusia dan cinta kasih. Orang tua telah memberikan cinta dan kasih sayang yang tulus kepada diri kita tanpa pamrih dengan harapan kita dapat menjadi manusia yang berguna.
  4. Cinta kepada tuhan
    Hubungan antara manusia dan cinta kasih juga dapat terjadi ketika seorang hamba (manusia) mencintai Tuhannya. Seorang hamba yang mencintai Tuhannya terlihat saat ia sedang ber ibadah dengan khusyu, memohon ampunan serta perlindungan dari Sang pencipta dunia. Selain itu dapat juga kita terapkan dengan mengikuti segala perintah dan menjauhi segala larangannya agar kita dapat menjadi hamba yang baik dihadapan Sang pencipta.
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan kali ini adalah, kita sebagai manusia pastilah membutuhkan cinta dan kasih entah dari orang tua, kerabat, bahkan tuhan kita. Tanpa adanya cinta kasih di dunia ini pastilah hidup tidak akan menenangkan hati, pastilah tidak akan bahagia, dan sudah pasti dengan tidak adanya cinta kasih pastilah antara manusia yang satu dengan manusia yang lain akan hidup tidak peduli (cuek). Dengan adanya cinta kasih kita dapat menolong beban rekan kita yang sedang kesulitan, atas dasar peduli kepada rekan lanjut menjadi kasih sayang dan berlanjut tidak ingin melihat rekan tersebut berada dalam kondisi yang kesulitan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangunan Arsitektur Hemat Energi " Bahrain World Trade Center"

Tentang Bahrain World Trade Center Bahrain World Center atau Bahrain WTC, berlokasi di Al-Manamah, Bahrain, dengan arsitek Shaun Killa Proyek yang dikerjakan bersama oleh Atkin Architects and Engineers dan Norwin. Tinggi dari bangunan ini adalah 240 meter dengan jumlah lantai 50. Bahrain WTC ini mulai dibangun pada 2004 – 2008 dan kini bangunan ini menjadi pusat perdagangan dunia. Bangunan ini memiliki 2 Skycrapers yang dihubungkan dengan 3 jembatan yang berfungsi sebagai pemegang wind turbin. Masing - masing turbin memiliki diameter 29 meter. Wind turbin menggantung di tengah jembatan sepanjang 30 meter. Jembatan ini juga selalu menerima getaran dari wind turbin, maka dari itu kontuksi dari jembatan perlu mendapat perhatian khusus.   Wind Turbin dari bangunan Bahrain WTC Ide Bentuk Bangunan  Bentuk bangunan terinspirasi dari bentukkan layar kapal tradisional, dan memanfaatan energi angin untuk dapat berlayar. Penerapan konsep pada bangunan ini terlihat pada d

Hubungan Manusia dan Penderitaan Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Hubungan Manusia dan Penderitaan pict from https://www.richarddawkins.net/2014/08/is-there-a-scale-of-suffering/ Apa itu Manusia dan Penderitaan? Dalam KBBI manusia diartikan sebagai makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Sedangkan penderitaan dalam KBBI diartikan sebagai keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung. Jadi, dapat kita artikan lebih luas bahwa arti dari manusia dan penderitaan adalah suatu keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung oleh manusia. Manusia sebagai pelaku utama dalam terjadinya kehidupan di dunia ini. Adanya penderitaan pun dapat dikatakan bahwa manusia yang menjadikan hal itu dapat terjadi. Penderitaan terjadi biasanya karena keserakahan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang menjadikan mengambil hak orang lain dan menjadikan salah satu pihak menjadi menderita karena perbuatan buruk tersebut. Hubungan Manusia dan Penderitaan? Hal  - hal yang termasuk dalam penderitaan seperti adanya : Siksaan Suatu siksaan terjadi

Hubungan Manusia dan Sastra Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Apa sih sebenernya hubungan antara manusia dan sastra? pict from http://lagaligopos.com/read/pentingnya-sastra-di-sebuah-bangsa/ Jika kita lihat arti masing - masing kata tersebut. Seperti Manusia yang menurut KBBI adalah Makhluk yang ber akal budi sedangkan sastra adalah bahasa yang dipakai dalam kitab - kitab (bukan bahasa sehari - hari). Lalu apa sih hubungannya? Dalam sastra manusia lah yang berperan penting menjadikan suatu sastra tersebut menjadi menarik atau tidaknya. Dan dalam sastra siapa sih yang banyak dibahas? ya manusia itu sendiri. Seperti contohnya :  Pertunjukan sastra (gabungan seni sastra dan seni pentas) Rata - rata dalam pertunjukan itu menggambarkan kehidupan manusia dengan amanat yang ditujukan khusus untuk manusia guna dapat menjadi manusia lebih baik. Lalu pemeran dalam kegiatan ini adalah manusia itu sendiri. Syair Dalam KBBI syair adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama. Seperti